IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI RIFA’IYAH BOJONG PEKALONGAN

Authors

  • Any Maryani
  • Barirotussa’adah

Keywords:

Implementation, Brainstoorming, Indonesian Subject, Inclusive, Collaboration

Abstract

This research is motivated by the existence of schools that have just been established but are al- ready using good and effective learning methods. Good learning methods can affect the process and student learning outcomes. This study aims to investigate the implementation of the brainstorm- ing method in learning Indonesian in class III MI Rifa’iyah Bojong Pekalongan. The brainstorm- ing method is used to encourage students to generate ideas freely and creatively in the context of learning Indonesian. This research involved one class with students aged 8-9 years. The steps for implementing the brainstorming method include explaining the concept of brainstorming, giving examples of ideas as triggers, forming discussion groups, presenting ideas, evaluating and selecting ideas, and implementing ideas in Indonesian language learning activities. The results showed that the brainstorming method was effectively applied in learning Indonesian for class III MI Rifa’iyah Bojong. Through this method, students show an increase in the ability to generate creative ideas and increase active participation in the learning process.

References

Buku

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Krisno Budiyanto, Moh Agus, 2016, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Central Learning (SCL), Universitas

Muhammadiyah Malang Press: Malang.

Supardan, Dadang, 2015, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Yayasan Rahardja.

Jurnal

Anggraeni, 2017, “Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami)”, At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah,

Vol. 1 No. 2.

Nasda, Elvia, 2020, “Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kerajaan Malaka dengan

Menggunakan Metode Brainstorming di Kelas X IS-3 SMA Negri 1 STM Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020”, Jurnal Guru Kita, Vol. 5

N. 3 Juni.

Labahi, Aman, 2019, “Penerapan Metoe “Brainstorming” pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren Kabupaten Pangkep”,

Jurnal Ecosystem Volume 19, Nomor 1, Januari-April.

Nur Fauziyyah Amin, Diyah, 2016, “Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengemukakan Pendapat Siswa”, Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 5 No. 2 Juli.

Parmonangan Sijabat, Osco, 2014, “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Akuntsnsi Siswa Kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa”.

Ramadhan, Rizky, 2019, “Implementasi Pembelajaran Humanistik dalam Pendidikan Karakter (Studi Multi Kasus di SD Alam Insan Mulia

Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik)”, Tesis, Universitas Islam Negri Sunan Ampek Surabaya.

Riski, Nanda, 2019, “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Miniatur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

pada Kelas V MIN 5 Aceh Besar, Skripsi di Universitas Islam Negri Ar Raniry.

Riyanti, Asih, 2012, “Pembelajaran Bahasa Indoensia melalui Cooperative Learning berbasis Humanistik” Skripsi Univeritas

Yogyakarta.

Nuryaqli, Ratmi, 2019, “Efektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Murid Kelas V SD

INPRES Bontaman Kecamatan Tamalate Kota Makasar”, Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Thahir, Muh Zaidi, “Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI

Muhammadiyah PANNAMPU Makassar”. Skripsi UIN Alauddin Makasar, 2017.

Widowati, Asri, 2020, “Brainstorming Sebagai Alternatif Berfikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi” Jurnal Penelitian.

Zulfikar, Muhammad, 2017, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Brainstorming pada Mata

Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli di Kelas X Madrasah Aliyah 1 STABAT”, Skripsi Universitas Islam Negri Sumatra Utara.

Tampubolon, Rismawaty, 2020, “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 164319 Tebing Tinggi”, Schoool Educatian Jurnal, Vol. 10 No. 3 Desember.

Sustika Dewi, Erma, 2021, “Implementasi Metode Brainstorming dalam Meningkatkan Kemampuan Menyatakan Pendapat pada Mata

Pelajaran Fiqih Kelas X MAN 1 Lampung Barat,” Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Khotifah Hanny, Sharen, 2020, “Efektivitas Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar

Peserta Didik”, Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Shinta Saraswati, Ayu, 2021, “Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming ntuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan

Argumentasi di Sekolah Dasar” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol .9 No.01.

Wahyuni, Ririn, “Keefektifan Penggunaan Teknik Brainstormin Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Peserta

Didik Kelas X SMA N 1 Minggir Sleman”, Skripsi Universitas Negri Yogyakarta.

Hariyadi, 2019, “Pengaruh Metode Pembelajaran brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah”, Jurnal Pendidikan

Bahasa, Vol. 8, No. 2, Desember.

Supriyadi, 2020, “Pembelajaran Brainstorming terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Spiritual Peserta Didik pada Materi

Keanekaragaman Hayati”, Jurnal Bioilm Vol. 6 No.1 edisi Juni.

Khaulani, Fatma, 2019, “Penerapan Metode Brainstorming dengan Bantuan Media Gambar Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar

PKN Siswa Kelas v sdn 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar”, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),

Vol.3, No.1, Januari.

Apriliani, Ita, 2015, “Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming dengan Simulasi terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem pada

Kelas V di SDN Gudang 01 Situbondo”, Skripsi Universitas Jember.

Basuki, Rokhmat, 2019, “Strategi Peningkatan Belajar Sintaksis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP

Universitas Bengkulu dengan Metode Brainstorming”, Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia, Daerah dan Asing, Vol.2, No.2

Downloads

Published

2023-09-09

Issue

Section

Articles