PEMANFAATAN GRUP FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ILMU NAHWU
Abstract
Penelitian bermula dari permasalahan berbagai platform pembelajaran yang berkembang menggunakan media sosial, terutama pembelajaran ilmu nahwu. Pola pembelajaran ilmu nahwu menjadi objek penelitian ini dikarenakan dalam sistem pembelajaran bahasa Arab, ilmu nahwu merupakan komponen mendasar mempelajari bahasa Arab. Hal yang diangkat dari penelitian ini pertama , menemukan pola pembelajaran ilmu nahwu di media sosial Facebook, kedua , menemukan peningkatan kemandirian belajar potensi ilmu nahwu bagi pengguna sosial media Facebook. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif ini menemukan bahwa pembelajaran ilmu nahwu pada kelompok belajar ilmu nahwu Facebook tersebut menggunakan pola pembelajaran bermedia, yaitu pola pembelajaran yang memiliki tujuan, tujuan isi, metode, media, dan siswa. Meskipun pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga menghasilkan pembelajaran yang dapat dikatakan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Pola pembelajaran ini memberikan dampak pada pembelajar ilmu nahwu tingkat pemula dari berbagai jenjang pendidikan formal maupun non formal. Konsistensi admin sebagai penyaji materi yang dituntut dalam hal ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tembayat Jurnal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.