YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH KREATIF: ANALISIS WACANA KRITIS NGAJI ONLINE GUS BAHA'
Keywords:
Gus Baha, Strategi, YouTube, DakwahAbstract
Perkembangan teknologi mengharuskan aktivis dakwah menyesuaikan diri dengan zaman serba digital. Dakwah harus dikemas secara kreatif dengan memanfaatkan kecanggihan media. Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah Gus Baha’ dalam pengajian kitab Al-Hikam di media YouTube. Tulisan ini mengembangkan argumen dengan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui pengamatan pada tayangan ngaji online Gus Baha’ di YouTube dan penelusuran kajian terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian. Penulis menggunakan teori analisis wacana model Norman Fairclough dengan tinjauan dimnesi teks, discourse practise, dan sosiocultural practise. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa subjek dari pengajian tersebut memposisikan diri dalam sudut pandang yang sama dengan jamaah. Kemudian ngaji online tersebut dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat yang sedang dihimpit berbagai problem kehidupan dan bagaimana seharusnya manusia tetap mensyukuri serta menyikapi segala hal yang terjadi era teknologi ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iqlima Fahrunisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.